Thursday, July 4, 2013

LAGI RAJIN MELUANGKAN WAKTU LUANG

Dua tahun lalu saya diajari bikin Trees Of Life, Dreamcatcher dan Ojos de Dios oleh teman saya, Agnes Deno.  Akhirnya, yang paling pas buat saya dan punya tantangan, adalah bikin Ojos de Dios atau Mandala. 

Didukung si pacar juga sebenernya dia punya banyak alat dan bahan untuk merajut. Tiara lagi suka-sukanya bikin rajutan, tas dan boneka untuk gantungan kunci. Ya kebetulanlah. Sekalian sajalah alatnya saya pake juga buat bikin Ojos de Dios.


Selain biasa dibuat untuk hiasan dinding,  dia bisa dibentuk jadi figura, salib, sampai gantungan baju. Selama itu bahan dasarnya kayu, besi atau kawat, yang penting berbentuk stik panjang dan ramping... ya sah saja. Kalo mau coba yang murah meriah, coba pakai sumpit yang suka dipake buat makan lumpiah basah atau opsi lainnya tikar pembuat sushi, memakai tikar sushi memang lumayan biayanya; namun tikar sushi paling baik untuk membuat Ojo ukuran standart (5 - 20cm).

Lebih menantang sih, apalagi kalau udah bisa bikin yang unik-unik selain hiasan sudah bisa diulik. Mungkin kalau saya nanti sudah agak ahli, kepingin juga bikin workshop yang santai. Kepikirannya sih begitu. Kayak Deno, dari temen ke temen ngajarin teknik dasar bikin kerajinan tangan macam ini lewat workshop kecil-kecilan. Akhirnya bisa berbagi hasil deh, kan bagus ya? Yang penting pada seneng sih bikin hal-hal yang bisa ngisi waktu dan kali-kali kalo niat sih... bisa jadi usaha. Apalagi Ojos de Dios lebih nikmat ketika membuatnya sendiri, bisa bikin tema sesuai warna yang kamu suka, kalau membeli, tentu saja harganya lumayan agak mahal, sebab bahan yang cukup boros di tali rajut dan lama pembuatan yang butuh ketekunan, apalagi jika warna campuran atau gradasi dari benang tidak enak dipandang, kamu mesti mengulang kembali pembuatan Ojo, agar Ojo bisa indah dilihat; hmm, bisa dibilang kesulitan membuat Ojo di atas Dreamcatcher. Namun kalau sudah terbiasa, cukup 1 jam kurang untuk membuat pola dasar Ojo ukuran kecil seperti Ojo untuk kalung.

Syukurlah, akhir-akhir ini, temen-temen mulai banyak yang ikut bikin kerajinan macem ini, dari mulai rajut jait sampe bikin Ojos inilah. Kebanyakan sih tujuannya dijadiin kalung atau anting dan bentuk Ojos yang kecil-kecil; untuk pernak-pernik tas sampai jadi gantungan kunci. Daripada beli, yah lumayan kan?

Kalo pingin ikut workshop atau pingin beli karya-karya saya. Bisa kontak di: 087875794566. Sementara ini sampai bulan Juli workshop kecil-kecilan masih di tempat Tiara. Namun, mudah-mudahan di bulan Agustus, saya sudah punya tempat sendiri yang bisa dikunjungi temen-temen yang tertarik untuk ikutan bikin Ojos ;)

Syukur-syukur selain Ojos de Dios kalau saya sudah mahir menjahit, rajut dan hal semacamnya; bisa ditulari. Pinginnya mah. Tapi Ojos de Dios dulu saja yah.

Oke deh. Nah, di bawah ini beberapa Ojos de Dios karya saya. Semoga kalian suka. :)



Mandala 1: Dark Eyes - Red Skin


Mandala 2: Blue Ocean




Mandala 3: Cross Mandala



Mandala 4: Shamaic Fish


Mandala 5: Creamy


Mandala 6: Shamanic Kite


Mandala 7: Red Horse Mandala


Mandala 8: Five Eyes

No comments:

Post a Comment